STRATEGI REVITALISASI RTH TUNJUK AJAR INTEGRITAS KOTA PEKANBARU DENGAN KONSEP RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK
Keywords:
arsitektur perilaku, ruang terbuka hijau, ruang publik terpadu ramah anakAbstract
Di Pekanbaru sendiri ruang terbuka hijau hanya mencapai 10,6% dari total luas lahan, masih jauh di bawah
ketentuan dengan minimal 20% yang diatur dalam Undang-Undang No. 26 tahun 2007 tentang penataan
ruang Dengan upaya mengembangkan Ruang publik terpadu ramah anak pada Ruang terbuja hijau yang
menjadi hal penting untuk di pertimbangkan kembali untuk Kota pekanbaru , berfokus terhadap program
Kota layak anak dengan tujuan melindungi hak anak, mengingat jumlah anak usia 0-17 tahun terbanyak
pada provinsi ini. Pada Pendekatan ini, anak di tempatkan bukan hanya menjadi objek dalam revitalisasi,
akan tetapi menjadi subjek terhadap ruang yang dibutuhkan oleh anak-anak. Penulis menggunakan metode
penelitian Deskriptif kualitatif dengan melakukan beberapa tahap yaitu melakukan pengumpulan data
mengenai studi literatur yang memiliki kaitan terhadap pendekatan arsitektur perilaku dengan
memfokuskan pada pola aktivitas dan ruang publik terpadu ramah anak terhadap kriteria serta
indikatornyamelakukan survey di lapangan serta mendokumentasikan objek pengamatan dan melakukan
wawancara langsung. Dengan demikian pendekatan arsitektur perilaku yang diiringi dengan konsep Ruang
publik terpadu ramah anak dapat dijadikan kunci untuk menghasilkan solusi terhadap permasalahan desain.
Selain memberikan kesan estetika pada taman juga memberikan respon yang baik terhadap perilaku serta
kesejahteraan pengunjung terutama pada anak-anak, baik anak komunal maupun disabilitas. Pada penelitian
ini terdapat beberapa keterbatasan pada kuantitas data yang di dapat.
REFERENSI
Albaroza, I., Salahudin, S., & Taqwa, I. (2021). Pengembangan Tata Kelolah Ruang Terbuka Hijau:
Sebuah Kajian Pustaka Terstuktur. Sang Pencerah Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah
Buton. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i4.1144
Alifia, N., & Purnomo, Y. (2016). Identifikasi Letak Dan Jenis Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan
Permukiman Perkotaan. Langkau Betang Jurnal Arsitektur.
https://doi.org/10.26418/lantang.v3i2.18329
Azahra, S. D., Destiana, Kartikawati, S. M., & Pramulya, M. (2023). Potensi Jenis Pohon Pada Ruang
Terbuka Hijau Kota Pontianak Dalam Ameliorasi Iklim Mikro. Jurnal Bios Logos.
https://doi.org/10.35799/jbl.v13i1.46486
Dewi, F. A. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak Melalui Pengembangan Budaya Religius Di
SMAN 3 Kediri. Pjier. https://doi.org/10.59001/pjier.v1i1.70
Diyanti, A. O., Amiuza, C. B., & Mustikawati, T. (2014). Lingkungan Ramah Anak Pada Sekolah
Taman Kanak-Kanak. Review of Urbanism and Architectural Studies.
https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2014.012.02.6
Dynanti, Asyiawati, Y., & Wishaguna. (2023). Kajian Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Dalam
Mewujudkan Kota Ramah Lingkungan Di Kecamatan Gedebage Kota Bandung. Bandung
Conference Series Urban \& Regional Planning. https://doi.org/10.29313/bcsurp.v3i2.8177
Falah, M. (2019). Keletakan Ruang Terbuka Hijau Dalam Tata Ruang Kota Bandung Akhir Abad Xix
Hingga Pertengahan Abad Xx. Sosiohumaniora. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i2.21020
Falaq Amin, M. N., Hilmi, A. N., & Megawati, S. (2022). Mewujudkan Kota Ramah Lingkungan
Melalui Program Green City: Studi Kasus Di Kota Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora.
https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.21222
Febrina Salshabila, A. S., & Sukmawati, A. M. (2021). Kelayakan Ruang Terbuka Hijau Publik
Berdasarkan Karakteristik Fisik Ruang (Studi Di Taman Kota Gajahwong, Kota Yogyakarta).
Ruang. https://doi.org/10.14710/ruang.7.2.74-86
Hastita, D. H., Yuslim, S., & Luru, A. N. (2020). Kajian Fungsi Sosial-Budaya Ruang Terbuka Hijau
Publik Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Jurnal Arsitektur Lansekap.
https://doi.org/10.24843/jal.2020.v06.i02.p15
Herlina, N., & Nadiroh, N. (2018). Peran Strategis Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (Rptra) Dalam
Rangka Pemenuhan Hak Anak Terhadap Lingkungan. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini.
https://doi.org/10.21009//jpud.121.09
Himawati, I. P., Nopianti, H., Hartati, S., & Hanum, S. H. (2016). Analisis Pemenuhan Hak Dasar
Anak Pada Program “Kota Layak Anak” Di Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu. Jurnal
Ilmu Sosial Mamangan. https://doi.org/10.22202/mamangan.1928
Inayati, I. N. (2021). Tantangan Dan Inovasi Pelaksanaan Model Sekolah Ramah Anak Di Masa
Pandemi Covid 19. Preschool. https://doi.org/10.18860/preschool.v3i1.14973
Kautsary, J., Rahman, B., & Shafira, S. (2021). Potensi Ruang Sempadan Sungai Untuk Pemenuhan
Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau Taman Kota Semarang. Jurnal Planologi.
https://doi.org/10.30659/jpsa.v18i2.15585
Kurniati, A. C., & Zamroni, A. (2021). Kategorisasi Karakteristik Ruang Terbuka Hijau Publik Untuk
Menunjang Kenyamanan Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Lingkungan.
https://doi.org/10.14710/jil.19.1.127-139
Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini.
Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396
Mahrunnisya, N., & Mukhsin, D. (2023). Identifikasi Potensi Ketersediaan Lahan Ruang Terbuka
Hijau Publik Di Palmerah Jakarta Barat. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah Dan Kota.
https://doi.org/10.29313/jrpwk.v3i2.2743
Mawaddah, H., & Zaida, N. A. (2021). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam
Pembentukkan Karakter Positif Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di RA Labschool IIQ
Jakarta. Hamalatul Qur an Jurnal Ilmu Ilmu Alqur An. https://doi.org/10.37985/hq.v2i1.15.
Ngurah Aritama, A. A. (2022). Pemetaan Dan Identifikasi Kegiatan Masyarakat Di Ruang Terbuka
Hijau (RTH) Publik Di Kota Denpasar. Jurnal Arsitektur Lansekap.
https://doi.org/10.24843/jal.2022.v08.i02.p12
Ningtyas, T. (2019). Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Publik Di Kota Kediri. Jurnal Ilmiah
Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v3i1.1898
Pahlewi, R. Y., & Rahman, B. (2023). Penataan Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Sempadan
Sungai. Jurnal Kajian Ruang. https://doi.org/10.30659/jkr.v3i2.29529
Prakoso, P., & Herdiansyah, H. (2019). Analisis Implementasi 30\% Ruang Terbuka Hijau Di Dki
Jakarta. Majalah Ilmiah Globe. https://doi.org/10.24895/mig.2019.21-1.869
Prakoso, S., & Dewi, J. (2017). Rasa Kelekatan Anak Pada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak
(Rptra). Nalars. https://doi.org/10.24853/nalars.17.1.1-10
Prasetyo, A. (2019). Peningkatan Kualitas Taman Denggung Di Sleman Sebagai Taman Ramah Anak
Melalui Pengembangan Kecerdasan Anak. Jurnal Arsitektur Arcade.
https://doi.org/10.31848/arcade.v3i3.283
Qonita, C. D., & Rahmawati, D. (2021). Strategi Penanganan Pemukiman Kumuh Di Area Pendukung
Industri Kelurahan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Teknik Its.
https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56302
Rahadiyanti, M., Wardhani, D. K., Rambung, E., & Silitonga, H. (2021). Redesain Ruang Ramah
Anak Pada Tempat Penitipan Anak Griya Anak Surabaya. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada
Masyarakat. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i1.703
Rahajuni, I. A., Moeliono, M. F., & Srisayekti, W. (2020). Perilaku Eksternalisasi Anak Rumah Susun
Sederhana Leuwigajah Cimahi Dalam Optimalisasi Ruang Terbuka Hijau. Jurnal
Sosioteknologi. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2020.19.2.12
Rahmiati, D., & Prihastomo, B. (2018). Identifikasi Penerapan Konsep Ruang Publik Terpadu Ramah
Anak (RPTRA) Pada Taman Kambang Iwak Palembang. Vitruvian.
https://doi.org/10.22441/vitruvian.2018.v8i1.004
Ratnasari, A., Sitorus, S. R. P., & Tjahjono, B. (2015). Per
encanaan Kota Hijau Yogyakarta
Berdasarkan Penggunaan Lahan Dan Kecukupan RTH. Jurnal Tataloka.
https://doi.org/10.14710/tataloka.17.4.196-208
Rejeki, N. S., Rohita, R., & Wirasti, M. K. (2020). Survei Upaya Guru Dalam Menciptakan
Pembelajaran Efektif Berdasarkan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. JivJurnal
Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1501.2
Rohita, R., & Asnawiyah, D. (2023). Pelaksanaan Prinsip Pembelajaran Di Masa Belajar Dari Rumah:
Studi Kasus Pada Model Sentra. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2861
Rudin, M. A., Sunarko, B. S., & Trihartono, A. (2023). Respon Republik Lithuania Terhadap BayangBayang
Ancaman Perang Generasi Kelima Dari Rusia. E-Sospol. https://doi.org/10.19184/esospol.v10i1.36740
Salatalohy, A., Kamaluddin, A. K., & Nyong, N. (2023). Keanekaragaman Vegetasi Taman Kota
Sebagai Ruang Terbuka Hijau (Rth) Di Taman Rum Balibunga Kota Tidore Kepulauan. Jurnal
Hutan Pulau-Pulau Kecil. https://doi.org/10.30598/jhppk.v7i1.8835
Saputra, M. A., Andriyani, L., & Mudiantoro, B. (2019). Kajian Pengembangan Kawasan Kali Besar,
Kotatua Sebagai Ruang Publik. Seminar Nasional Pembangunan Wilayah Dan Kota
Berkelanjutan. https://doi.org/10.25105/pwkb.v1i1.5258
Sudarwani, M. M., & Ekaputra, Y. D. (2017). Kajian Penambahan Ruang Terbuka Hijau Di Kota
Semarang. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan. https://doi.org/10.15294/jtsp.v19i1.10493
Utami, A. R., & Saleh, R. (2022). Fasilitas Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Publik Kelurahan
Pondok Kelapa. Indonesian J. Build. Eng. https://doi.org/10.17509/jptb.v2i2.51784
Wulanningrum, S. D. (2024). Revitalisasi Communal Space Di RTH Grojogan. Pawon Jurnal
Arsitektur. https://doi.org/10.36040/pawon.v8i1.6588
Yusuf, M. (2023). Implementasi Kebijakan Pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Publik Di
Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Good Governance. https://doi.org/10.32834/gg.v19i2.628
Yuwono, F., Mansyur, U., & Djakapermana, R. D. (2023). Strategi Pencapaian 20\% RTH Publik
Kota Sukabumi. Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik Unpak.
https://doi.org/10.33751/teknik.v24i02.9389