https://jurnalranah.bunghatta.ac.id/index.php/jrn/issue/feedRanah Arsitektur2025-08-05T01:51:09+00:00Desy Aryanti, ST.,MAranah@bunghatta.ac.idOpen Journal Systems<p align="justify"><strong>Jurnal Ranah Arsitektur </strong>is an open access journal focusing on the scientific work of lecturers/academics, practitioners and professionals to the study of architecture issues. This journal discusses issues relating to sustainability in the economic, social, environmental, and institutional dimensions of architecture design in Indonesia and throughout the world.</p> <p align="justify"><strong>Jurnal Ranah</strong> <strong>Arsitektur </strong>is published two times per year in June and December by faculty of Civil Engineering and Planning, Bung Hatta University and peer-reviewed that publishes either original article or reviews. In addition, Jurnal Ranah provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. All articles are downloadable for free-of-charge. For the completion of the journal publication process, all manuscripts should be submitted by Online Submission.</p>https://jurnalranah.bunghatta.ac.id/index.php/jrn/article/view/32PERENCANAAN DAN PERANCANGAN AKADEMI BULUTANGKIS DI KOTA PADANG DENGAN PENDEKATAAN ARSITEKTUR KONTEMPORER2025-08-04T04:39:34+00:00Rika Cheris, Darusman Sepsio Putra, Suwitarikacheris@unespadang.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk Merencanakan Akademi Bulutangkis Lingkup Regional dengan pendekatan arsitektur kontemporer di Kota Padang dengan pendekatan Arsitektur Kontemporer, namun kurangnya Fasilitas sarana dan program pelatihan bulutangkis yang terstruktur di Kota Padang. Metode penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif dengan Teknik obesevasi merupakan pengumpulan data dengan cara mengamati langsung ke lapangan, wawancara dengan mengajukan pertanyaan ke narasumber atau informan terkait topik penelitian secara langsung maupun melalui media sosial, dokumentasi yaitu pengambilan foto dan video tentang data lapangan, studi literatur yaitu pengumpulan data dengan menelusuri dan membaca data yang berisi tentang teori dan fakta terkait penelitian melalui media karya ilmiah, jurnal, dan buku. Penelitian ini mengasilkan akademi bulutangkis untuk menunjang aktifitas tempat latihan olahraga bulutangkis untuk atlet/calon atlet. didalam bangunan dengan fasilitas dan desain konsep yang mengacu pada pendekatan arsitektur Kontemporer yang berpusat pada iklim disekitar tapak.</p> <p> </p> <p><strong>DAFTAR PUSTAKA</strong></p> <p>• HERDIANSYAH, H. (2022). Sejarah Bulutangkis: Dari Masa ke Masa. Penerbit<br />Olahraga Indonesia.<br />• Juliansyah, R. (2020). Pengembangan Olahraga Bulutangkis di Indonesia. Jurnal<br />Ilmu Keolahragaan, 15(2), 45–60.<br />• Neufert, E. (1989). Data Arsitek. Erlangga.<br />• Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga No. 4 Tahun 2020 tentang Standar<br />Gedung Olahraga.<br />• Perda Kota Padang No. 3 Tahun 2019 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah.<br />• Siregar, I., & Cheris, R. (2022). Kurikulum Pelatihan Bulutangkis Berbasis<br />Kelompok Umur. Prosiding Seminar Nasional Olahraga.<br />• Raditya, D., Arnika, P., & Kusumawardhani, 2022. (2022). Eksplorasi<br />Etnomatematika terhadap Alat Musik Demung pada Kesenian Krumpyung Kulon<br />Progo. Proseding Senatik: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan <br />Matematika,7,266–272. <br />https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/3317</p>2025-08-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ranah Arsitekhttps://jurnalranah.bunghatta.ac.id/index.php/jrn/article/view/23STRATEGI REVITALISASI RTH TUNJUK AJAR INTEGRITAS KOTA PEKANBARU DENGAN KONSEP RUANG PUBLIK TERPADU RAMAH ANAK2025-02-11T13:57:00+00:00Muhammad Naufal Kadarisman & I Nengah Telak.nauval12@gmail.com<p>Di Pekanbaru sendiri ruang terbuka hijau hanya mencapai 10,6% dari total luas lahan, masih jauh di bawah <br />ketentuan dengan minimal 20% yang diatur dalam Undang-Undang No. 26 tahun 2007 tentang penataan <br />ruang Dengan upaya mengembangkan Ruang publik terpadu ramah anak pada Ruang terbuja hijau yang <br />menjadi hal penting untuk di pertimbangkan kembali untuk Kota pekanbaru , berfokus terhadap program <br />Kota layak anak dengan tujuan melindungi hak anak, mengingat jumlah anak usia 0-17 tahun terbanyak <br />pada provinsi ini. Pada Pendekatan ini, anak di tempatkan bukan hanya menjadi objek dalam revitalisasi, <br />akan tetapi menjadi subjek terhadap ruang yang dibutuhkan oleh anak-anak. Penulis menggunakan metode <br />penelitian Deskriptif kualitatif dengan melakukan beberapa tahap yaitu melakukan pengumpulan data <br />mengenai studi literatur yang memiliki kaitan terhadap pendekatan arsitektur perilaku dengan <br />memfokuskan pada pola aktivitas dan ruang publik terpadu ramah anak terhadap kriteria serta <br />indikatornyamelakukan survey di lapangan serta mendokumentasikan objek pengamatan dan melakukan <br />wawancara langsung. Dengan demikian pendekatan arsitektur perilaku yang diiringi dengan konsep Ruang <br />publik terpadu ramah anak dapat dijadikan kunci untuk menghasilkan solusi terhadap permasalahan desain. <br />Selain memberikan kesan estetika pada taman juga memberikan respon yang baik terhadap perilaku serta <br />kesejahteraan pengunjung terutama pada anak-anak, baik anak komunal maupun disabilitas. Pada penelitian <br />ini terdapat beberapa keterbatasan pada kuantitas data yang di dapat.<br /><br /></p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p>Albaroza, I., Salahudin, S., & Taqwa, I. (2021). Pengembangan Tata Kelolah Ruang Terbuka Hijau:<br />Sebuah Kajian Pustaka Terstuktur. Sang Pencerah Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah<br />Buton. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i4.1144</p> <p><br />Alifia, N., & Purnomo, Y. (2016). Identifikasi Letak Dan Jenis Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan<br />Permukiman Perkotaan. Langkau Betang Jurnal Arsitektur.<br />https://doi.org/10.26418/lantang.v3i2.18329</p> <p><br />Azahra, S. D., Destiana, Kartikawati, S. M., & Pramulya, M. (2023). Potensi Jenis Pohon Pada Ruang<br />Terbuka Hijau Kota Pontianak Dalam Ameliorasi Iklim Mikro. Jurnal Bios Logos.<br />https://doi.org/10.35799/jbl.v13i1.46486</p> <p><br />Dewi, F. A. (2023). Implementasi Sekolah Ramah Anak Melalui Pengembangan Budaya Religius Di<br />SMAN 3 Kediri. Pjier. https://doi.org/10.59001/pjier.v1i1.70</p> <p><br />Diyanti, A. O., Amiuza, C. B., & Mustikawati, T. (2014). Lingkungan Ramah Anak Pada Sekolah<br />Taman Kanak-Kanak. Review of Urbanism and Architectural Studies.<br />https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2014.012.02.6</p> <p><br />Dynanti, Asyiawati, Y., & Wishaguna. (2023). Kajian Penyediaan Ruang Terbuka Hijau Dalam<br />Mewujudkan Kota Ramah Lingkungan Di Kecamatan Gedebage Kota Bandung. Bandung<br />Conference Series Urban \& Regional Planning. https://doi.org/10.29313/bcsurp.v3i2.8177</p> <p><br />Falah, M. (2019). Keletakan Ruang Terbuka Hijau Dalam Tata Ruang Kota Bandung Akhir Abad Xix<br />Hingga Pertengahan Abad Xx. Sosiohumaniora. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i2.21020</p> <p><br />Falaq Amin, M. N., Hilmi, A. N., & Megawati, S. (2022). Mewujudkan Kota Ramah Lingkungan<br />Melalui Program Green City: Studi Kasus Di Kota Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora.<br />https://doi.org/10.22437/jssh.v6i1.21222</p> <p><br />Febrina Salshabila, A. S., & Sukmawati, A. M. (2021). Kelayakan Ruang Terbuka Hijau Publik<br />Berdasarkan Karakteristik Fisik Ruang (Studi Di Taman Kota Gajahwong, Kota Yogyakarta).<br />Ruang. https://doi.org/10.14710/ruang.7.2.74-86</p> <p><br />Hastita, D. H., Yuslim, S., & Luru, A. N. (2020). Kajian Fungsi Sosial-Budaya Ruang Terbuka Hijau<br />Publik Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Jurnal Arsitektur Lansekap.<br />https://doi.org/10.24843/jal.2020.v06.i02.p15</p> <p><br />Herlina, N., & Nadiroh, N. (2018). Peran Strategis Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (Rptra) Dalam<br />Rangka Pemenuhan Hak Anak Terhadap Lingkungan. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini.<br />https://doi.org/10.21009//jpud.121.09</p> <p><br />Himawati, I. P., Nopianti, H., Hartati, S., & Hanum, S. H. (2016). Analisis Pemenuhan Hak Dasar<br />Anak Pada Program “Kota Layak Anak” Di Kecamatan Gading Cempaka, Bengkulu. Jurnal<br />Ilmu Sosial Mamangan. https://doi.org/10.22202/mamangan.1928</p> <p><br />Inayati, I. N. (2021). Tantangan Dan Inovasi Pelaksanaan Model Sekolah Ramah Anak Di Masa<br />Pandemi Covid 19. Preschool. https://doi.org/10.18860/preschool.v3i1.14973</p> <p><br />Kautsary, J., Rahman, B., & Shafira, S. (2021). Potensi Ruang Sempadan Sungai Untuk Pemenuhan<br />Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau Taman Kota Semarang. Jurnal Planologi.<br />https://doi.org/10.30659/jpsa.v18i2.15585</p> <p><br />Kurniati, A. C., & Zamroni, A. (2021). Kategorisasi Karakteristik Ruang Terbuka Hijau Publik Untuk<br />Menunjang Kenyamanan Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Lingkungan.<br />https://doi.org/10.14710/jil.19.1.127-139</p> <p><br />Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini.<br />Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396</p> <p><br />Mahrunnisya, N., & Mukhsin, D. (2023). Identifikasi Potensi Ketersediaan Lahan Ruang Terbuka<br />Hijau Publik Di Palmerah Jakarta Barat. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah Dan Kota.<br />https://doi.org/10.29313/jrpwk.v3i2.2743</p> <p><br />Mawaddah, H., & Zaida, N. A. (2021). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak Dalam<br />Pembentukkan Karakter Positif Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di RA Labschool IIQ<br />Jakarta. Hamalatul Qur an Jurnal Ilmu Ilmu Alqur An. https://doi.org/10.37985/hq.v2i1.15.</p> <p>Ngurah Aritama, A. A. (2022). Pemetaan Dan Identifikasi Kegiatan Masyarakat Di Ruang Terbuka<br />Hijau (RTH) Publik Di Kota Denpasar. Jurnal Arsitektur Lansekap.<br />https://doi.org/10.24843/jal.2022.v08.i02.p12</p> <p><br />Ningtyas, T. (2019). Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Publik Di Kota Kediri. Jurnal Ilmiah<br />Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v3i1.1898</p> <p><br />Pahlewi, R. Y., & Rahman, B. (2023). Penataan Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Sempadan<br />Sungai. Jurnal Kajian Ruang. https://doi.org/10.30659/jkr.v3i2.29529</p> <p><br />Prakoso, P., & Herdiansyah, H. (2019). Analisis Implementasi 30\% Ruang Terbuka Hijau Di Dki<br />Jakarta. Majalah Ilmiah Globe. https://doi.org/10.24895/mig.2019.21-1.869</p> <p><br />Prakoso, S., & Dewi, J. (2017). Rasa Kelekatan Anak Pada Ruang Publik Terpadu Ramah Anak<br />(Rptra). Nalars. https://doi.org/10.24853/nalars.17.1.1-10</p> <p><br />Prasetyo, A. (2019). Peningkatan Kualitas Taman Denggung Di Sleman Sebagai Taman Ramah Anak<br />Melalui Pengembangan Kecerdasan Anak. Jurnal Arsitektur Arcade.<br />https://doi.org/10.31848/arcade.v3i3.283</p> <p><br />Qonita, C. D., & Rahmawati, D. (2021). Strategi Penanganan Pemukiman Kumuh Di Area Pendukung<br />Industri Kelurahan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Teknik Its.<br />https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.56302</p> <p><br />Rahadiyanti, M., Wardhani, D. K., Rambung, E., & Silitonga, H. (2021). Redesain Ruang Ramah<br />Anak Pada Tempat Penitipan Anak Griya Anak Surabaya. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada<br />Masyarakat. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i1.703</p> <p><br />Rahajuni, I. A., Moeliono, M. F., & Srisayekti, W. (2020). Perilaku Eksternalisasi Anak Rumah Susun<br />Sederhana Leuwigajah Cimahi Dalam Optimalisasi Ruang Terbuka Hijau. Jurnal<br />Sosioteknologi. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2020.19.2.12</p> <p><br />Rahmiati, D., & Prihastomo, B. (2018). Identifikasi Penerapan Konsep Ruang Publik Terpadu Ramah<br />Anak (RPTRA) Pada Taman Kambang Iwak Palembang. Vitruvian.<br />https://doi.org/10.22441/vitruvian.2018.v8i1.004 <br />Ratnasari, A., Sitorus, S. R. P., & Tjahjono, B. (2015). Per</p> <p>encanaan Kota Hijau Yogyakarta<br />Berdasarkan Penggunaan Lahan Dan Kecukupan RTH. Jurnal Tataloka.<br />https://doi.org/10.14710/tataloka.17.4.196-208</p> <p><br />Rejeki, N. S., Rohita, R., & Wirasti, M. K. (2020). Survei Upaya Guru Dalam Menciptakan<br />Pembelajaran Efektif Berdasarkan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. JivJurnal<br />Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1501.2</p> <p><br />Rohita, R., & Asnawiyah, D. (2023). Pelaksanaan Prinsip Pembelajaran Di Masa Belajar Dari Rumah:<br />Studi Kasus Pada Model Sentra. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.<br />https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2861</p> <p><br />Rudin, M. A., Sunarko, B. S., & Trihartono, A. (2023). Respon Republik Lithuania Terhadap BayangBayang<br />Ancaman Perang Generasi Kelima Dari Rusia. E-Sospol. https://doi.org/10.19184/esospol.v10i1.36740</p> <p><br />Salatalohy, A., Kamaluddin, A. K., & Nyong, N. (2023). Keanekaragaman Vegetasi Taman Kota<br />Sebagai Ruang Terbuka Hijau (Rth) Di Taman Rum Balibunga Kota Tidore Kepulauan. Jurnal<br />Hutan Pulau-Pulau Kecil. https://doi.org/10.30598/jhppk.v7i1.8835</p> <p><br />Saputra, M. A., Andriyani, L., & Mudiantoro, B. (2019). Kajian Pengembangan Kawasan Kali Besar,<br />Kotatua Sebagai Ruang Publik. Seminar Nasional Pembangunan Wilayah Dan Kota<br />Berkelanjutan. https://doi.org/10.25105/pwkb.v1i1.5258</p> <p><br />Sudarwani, M. M., & Ekaputra, Y. D. (2017). Kajian Penambahan Ruang Terbuka Hijau Di Kota<br />Semarang. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan. https://doi.org/10.15294/jtsp.v19i1.10493</p> <p><br />Utami, A. R., & Saleh, R. (2022). Fasilitas Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Publik Kelurahan<br />Pondok Kelapa. Indonesian J. Build. Eng. https://doi.org/10.17509/jptb.v2i2.51784</p> <p><br />Wulanningrum, S. D. (2024). Revitalisasi Communal Space Di RTH Grojogan. Pawon Jurnal<br />Arsitektur. https://doi.org/10.36040/pawon.v8i1.6588</p> <p><br />Yusuf, M. (2023). Implementasi Kebijakan Pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Publik Di<br />Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Good Governance. https://doi.org/10.32834/gg.v19i2.628</p> <p><br />Yuwono, F., Mansyur, U., & Djakapermana, R. D. (2023). Strategi Pencapaian 20\% RTH Publik<br />Kota Sukabumi. Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik Unpak.<br />https://doi.org/10.33751/teknik.v24i02.9389</p>2025-08-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ranah Arsitekhttps://jurnalranah.bunghatta.ac.id/index.php/jrn/article/view/29GREEN CAMPUS INITIATIVES IN PUBLIC HIGHER EDUCATION INSTITUTIONS BUILDINGS2025-06-30T07:28:44+00:00Nanatasha Norminnananormin@gmail.comHasnizan Aksahhasnizan@uitm.edu.myWan Zuriea Wan Ismailwanzuriea@uitm.edu.my<p>Malaysia is indeed growing the number of sustainable building projects across the country. For Higher Educational Institution (HEI) buildings, there are a few universities in Malaysia currently implementing green campus. On the other hand, the initiatives of green campus have few issues, including environment, economic, and social aspects. This study aims to highlight the green campus initiatives in HEI buildings. Data was collected through interviews and site observations on the case studies specifically at Universiti Teknologi Mara, Shah Alam, Universiti Malaya and Universiti Putra Malaysia, Serdang. The findings reveal the most initiatives that have been adopted by HEI are solar panels, sustainable transportation, and energy-efficient building designs. However, constraints such as limited finance, aging infrastructure, and community attitudes hinder progress. The study contributes to academic research on sustainable campus management by making strategic recommendations, such as improving stakeholder relationships, enhancing awareness campaigns, and utilizing smart energy systems. By addressing these concerns, the study aims to help Malaysian public HEI achieve sustainability objectives and enhance the country’s commitment to global environmental goals.</p> <p>REFERENCES</p> <p>Aris, A.Z., Ishak, M. Y., Zamaruddin, N. H., & Ponrahono, Z. (2018). Green@Universiti Putra<br />Malaysia: Cultivating the Green Campus Culture, E3S Wed of Conferences, 48, 1-5.</p> <p>Algburi, S. M., Abdul Aziz, F., & Baharudin, B. T. H. T. (2016). Review of Green Building<br />Index in Malaysia; Existing Work and Challenges, MALRep, 11(5), 2-11.</p> <p>Asmawi, A., & Mohd Jaladin, R. A. (2018). Higher Education System in Malaysia: Exploring<br />Strategic Trends and Challenges in Policy Implementation for New Malaysia, 6(4), 56–77.</p> <p>CIDB. (2023). Green buildings in Malaysia: Increasing Demands for Sustainable Practices.</p> <p>de Paula, N., Jyo, L. K., & Melhado, S. B. (2022). Sources of Challenges for Sustainability in<br />the Building Design: The Relationship Between Designers and Clients, MDPI, 12(10), 114.</p> <p> </p> <p><br />Hooi,</p> <p>K. K., Hassan, F., & Che, M. M. (2012). (PDF) The Impact of Sustainable Higher<br />Education Building Spaces Design: An Exploratory Study of Readiness and Development<br />of Green University Framework in Malaysia, 50, 525-536.</p> <p>Huovila, P., & Koskela, L. J. (2014). Contribution of the Principles of Lean Construction to<br />Meet the Challenges of Sustainable Development: 6<br />Annual Conference of the<br />International Group for Lean Construction, 225, 2-10. <br />th</p> <p>Isa, H. M. (2023). Green Campus Implementation in the Malaysian Public Universities:<br />Challenges and Solutions. Planning Malaysia, 12(1), 274-298.</p> <p>Islam, M. R., Saidur, R., Rahim, N. A., & Solang, K. H. (2010, June). Usage of Solar Energy<br />and Its Status in Malaysia – um: Usage of Solar Energy and Its Status in Malaysia, 5(1), 610.</p> <p> </p> <p><br />Lam,</p> <p>W. H., Wong, C. F., Tan, O. K., & Yap, B. H. (2024). Study on the Benefits of the<br />Implementation of Green Building Rating in Malaysia: The Journal of The Institution of<br />Engineers Malaysia, 85(1), 17-24.</p> <p>Laws of Malaysia. (2012). Act 549: Standards Of Malaysia Act 1996.</p> <p>Malaysian Standard. (2007). MS 1525: Code of Practice on Energy Efficiency and Use of<br />Renewable Energy for Non-Residential Buildings (First Revision). </p> <p>Massarotto, A. (2021). What’s The Difference Between Green and Sustainable Buildings?</p> <p>Moglia, M., Cook, S., & McGregor, J. (2017). A review of agent- based modelling of technology<br />diffusion with special reference to residential energy efficiency: Sustainable Cities and<br />Society, 11(5), 2-9.</p> <p>Ochoa, J., Aranda-Mena, G., & McGinley, T. (2016). (PDF) The Impact of Sustainable Higher<br />Education Building Spaces Design. The Impact of Sustainable Higher Education Building<br />Spaces Design on Staff and Students’ Experience, 1, 398-407.</p> <p>Paula, G. S., de Moura, J. M., de Almeida, M. R., & de Rezende, J. F. D. (2022). Sustainable<br />development goals in higher education institutions: A systematic literature review. Journal<br />of Cleaner Production, 370, 221-235.</p> <p>Shafique, M., Reeho, K., & Rafiq, M. (2018). Green Roof Benefits, Opportunities and<br />Challenges - A Review. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 90, 757-773.</p> <p>Stough, T., Ceulemans, K., Lambrechts, W., & Cappuyns, V. (2017). Assessing sustainability in<br />higher education curricula: A critical reflection on validity issues. Journal of Cleaner<br />Production, 172, 4456-4466.</p> <p>Suganthi, S. H., Murshid, S., Sriram, S., & Ramani, K. (2018). Enhanced Biodegradation of<br />Hydrocarbons in Petroleum Tank Bottom Oil Sludge and Characterization of Biocatalysts<br />and Biosurfactants. Journal of Environmental Management, 220, 87-95.</p> <p>Sugiarto, A., Lee, C.-W., & Huruta, A. D. (2022). A Systematic Review of The Sustainable<br />Campus Concept. MDPI, 12(5), 2-11.</p> <p>Wald, N., Harland, T., & Daskon, C. (2023). Open Access. The gap statement and justification<br />in higher education research: An Analysis of Published Articles. Getting Started with<br />Research: A Guide to Research Methodology, 14(2), 308-323. </p>2025-08-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ranah Arsitekhttps://jurnalranah.bunghatta.ac.id/index.php/jrn/article/view/27- PELESTARIAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA RUMAH GADANG KERAJAAN SIGUNTUR DI KECAMATAN SITIUNG, KABUPATEN DHARMASRAYA2025-03-09T12:31:54+00:00Rakhmadsyah Rangkuti, Jonny Wongso & Era Trianasumarlyn8@gmail.com<p>The preservation of cultural heritage buildings has an important role in maintaining the historical and architectural heritage of an area. Rumah Gadang Royal Siguntur in Dharmasraya Regency is one of the cultural heritage buildings that has high historical and architectural value. This research aims to identify the visual and spatial character of the Siguntur Royal Gadang House and formulate appropriate preservation efforts. The method used is descriptive analysis method with the approach of field observation, interviews, and document analysis. The results showed that the Siguntur Royal Gadang House experienced changes from seven rooms to five rooms due to restoration. In addition, some architectural elements such as wood carvings and spatial layout have been modified. Recommended preservation efforts include conservation of the original elements of the building, periodic maintenance, and the preparation of stricter protection regulations. In conclusion, the preservation of Siguntur Royal Gadang House requires a holistic approach involving the community, government, and conservation experts to maintain its authenticity and historical value.</p> <p><strong>REFERENSI</strong></p> <p><br />Budiharjo, E. (1985) Arsitektur dan Pembangunan Kota di Indonesia. Bandung :<br />Alumni<br />Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1992 Tentang Cagar Budaya<br />Saputro, A. B. (2019). Kajian Konservasi Benteng Willem II Ungaran. Semarang:<br />Universitas Katolik Soegijapranata.<br />Putra, E. D. (2021). Pendekatan Pelestarian Berbasis Karakter Visual dan Spasial<br />Bangunan. <br />Antariksa. (2017). Teori dan Metoda Pelestarian Arsitektur dan Lingkungan<br />Binaan. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka. <br />Fathony, B., Mulyadi, L., Mahmudi, A., Achmadi, S., & Rachmawati, V. (2023).<br />Kajian Pelestarian Bangunan Cagar Budaya Kawasan Mastrip di Kota Blitar. <br />Indarti, S. (2023). Perlindungan Hukum dalam Konservasi Bangunan Cagar<br />Budaya.<br />Aidin, R. (2022). Strategi Pelestarian Cagar Budaya Berbasis Partisipasi<br />Masyarakat. <br />Marthala, F. (2013). Transformasi Ruang dalam Konteks Adat Minangkabau.</p>2025-08-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ranah Arsitekhttps://jurnalranah.bunghatta.ac.id/index.php/jrn/article/view/31THE DETERIORATION OF TIMBER MATERIAL IN TRADITIONAL MALAY HOUSE IN MALACCA2025-08-01T01:31:17+00:00Shahrul Yani Saidshahrulyani@gmail.comNur Nabihah Safin@Safiinnurnabihahsafin2002@gmail.com<p>This study explores the deterioration mechanisms affecting timber materials in traditional Malay houses in Malacca, Malaysia. These historic structures, predominantly constructed from high-quality tropical hardwoods, face various forms of damage driven by environmental factors, biological agents, and neglect. The investigation focused on three representative houses located in Kampung Morten, Kampung Duyong, and Kampung Durian Daun. Data collection involved observational surveys, defect documentation, and interviews with homeowners, revealing common decay types including termite infestation, fungal decay, surface weathering, and structural weakening. Analysis indicates that poor ventilation, elevated humidity levels, flooding, and insufficient preservation practices significantly accelerate timber degradation. The substantial impact of these factors underscores the vulnerability of these heritage buildings and highlights the lack of systematic conservation efforts. The findings emphasize the critical need for comprehensive preservation plans that incorporate improved ventilation strategies, moisture control, and active maintenance to mitigate decay processes. Furthermore, increasing occupant awareness about proper preservation techniques is essential to ensure long-term sustainability of these cultural assets. By providing an in-depth understanding of the causes and extent of timber deterioration, this research aims to inform and facilitate future conservation initiatives. Ultimately, the study advocates for integrated preservation approaches that combine structural, environmental, and educational measures to safeguard these traditional Malay houses, recognizing them as valuable elements of Malaysia’s cultural heritage</p> <p> </p> <p><strong>REFERENCES</strong></p> <p><br />Ahmad, A. G. (1994). The architectural heritage of the Malay world: The traditional houses. Journal of<br />Southeast Asian Studies, 25(2), 113–124.</p> <p>Alsheikh Mahmoud, S., Bin Hashim, H., Shamsudin, M. F., & Alsheikh Mahmoud, H. (2024). Effective<br />Preservation of Traditional Malay Houses: A Review of Current Practices and Challenges. In<br />Sustainability (Switzerland) (Vol. 16, Issue 11). Multidisciplinary Digital Publishing Institute<br />(MDPI). https://doi.org/10.3390/su16114773</p> <p>Hashim, H. A. (2000). Case Studies on Timber Defects of Selected Traditional Houses in Malacca, 81–<br />90.<br />Mydin, M. A. O. (2017). Significance Of Building Maintenance Management On Life-Span Of<br />Buildings. Robotica & Management, 22(1).<br /><br />Shamsuddin, S. (2011). Traditional Malay houses: A sustainable approach to tropical architecture.<br />International Journal of Architectural Research, 5(2), 55–66.</p>2025-08-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ranah Arsitekhttps://jurnalranah.bunghatta.ac.id/index.php/jrn/article/view/28IDENTIFIKASI LANDMARK KOTA PEKANBARU2025-03-15T09:45:44+00:00SAMANI HUDA ,I Nengah Tela & Haryanisamandha74@gmail.com<p>Landmark memiliki peran penting dalam membentuk identitas visual, budaya, dan sosial sebuah kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi landmark utama di Kota Pekanbaru yang mencerminkan karakteristik unik kota serta relevansinya dalam membangun identitas kota tersebut.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif untuk mengeksplorasi fenomena berdasarkan perspektif manusia, sedangkan metode kuantitatif untuk mengukur fenomena secara objektif. Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini mengintegrasikan observasi lapangan, survei persepsi masyarakat, dan analisis visual terhadap beberapa landmark utama, yaitu Masjid Agung An-Nur, Perpustakaan Soeman HS, Kantor Gubernur Riau.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Agung An-Nur menjadi <em>landmark </em>karena memiliki peran dominan sebagai simbol budaya Melayu-Islam yang kuat, sementara Perpustakaan Soeman HS mencerminkan modernitas dan intelektualitas dan Kantor Gubernur Riau menjadi representasi nilai historis dan pemerintahan. Temuan ini menegaskan bahwa elemen budaya dan religius memiliki pengaruh besar dalam pembentukan identitas visual suatu kota.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <em>identitas kota, landmark kota, budaya Melayu.</em></p>2025-08-05T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Ranah Arsitek